Fakta Mengenai Bekerja di Perkebunan Australia

Fakta Mengenai Bekerja di Perkebunan Australia

Fakta Mengenai Bekerja di Perkebunan Australia yang Wajib Diketahui

Fakta Mengenai Bekerja di Perkebunan Australia – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya untuk konsumsi sehari-hari. Pemerintah Australia memberikan dukungan penuh terhadap sektor pertanian. Salah satu caranya adalah membuka lapangan pekerjaan untuk para pekerja dari negara lain, baik itu permanen atau jangka pendek.

Peluang inipun bisa terbilang menggiurkan dikarenakan jumlah bayarannya yang terbilang menggiurkan. Anda bisa mendapatkan 10 hingga 20 dolar per jamnya tergantung dari jenis komoditas perkebunan apa yang anda petik.

Namun sebelum anda memutuskan untuk bekerja diperkebunan Australia setelah mendengar kabar diatas, perlu diingat bahwa pemerintah Australia sangat selektif dalam menerima pekerja asing untuk bekerja di Australia dan jika anda tidak mengikuti peraturan yang berlaku maka bisa berdampak langsung hingga keluarga anda.

Fakta Mengenai Pekerjaan di Perkebunan

Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan permohonan visa Australia demi bisa bekerja di perkebunan. Ada baiknya anda mengecek Skilled Occupation List (SOL) terlebih dahulu.

SOL adalah daftar yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia berisi pekerjaan – pekerjaan apa saja yang kekurangan tenaga terampil dan membutuhkan tenaga terampil dari luar Australia untuk memenuhi kebetuhan pekerja terampil itu sendiri.

SOL sendiri dipilah menjadi dua, pekerjaan jangka panjang (MLTSSL) atau pekerjaan jangka pendek (STSOL).

Berikut ini pekerjaan dibidang perkebunan yang tercantum pada SOL tahun 2019 (berlaku hingga Juni 2020):

  1. Aquaculture Farmer,
  2. Beef Cattle Farmer,
  3. Daily Cattle Farmer,
  4. Livestock Farmer,
  5. Mixed Crop and Livestock Farmer,
  6. Mixed Crop Farmer,
  7. Mixed Livestock Farmer
  8. Pig Farmer,
  9. Poultry Farmer,
  10. Sheep Farmers.

Visa Untuk Bekerja Perkebunan

Saat ini banyak agen yang menawarkan untuk bekerja sebagai pemetik buah di Australia, bahkan ada yang mengatakan akan memberikan visa kerja resmi. Namun sebaiknya hal tersebut dicermati terlebih dahulu karena Pemerintah Australia tidak memberikan Visa Kerja untuk pemetik buah.

Kebanyakan agen yang nakal akan memberikan visa turis asal Anda bisa masuk ke Australia (yang biasanya bekerja selama 3 bulan), namun pastinya (secara hukum) anda tidak akan diperkenankan untuk bekerja dengan turis visa.

Apabila hal ini dilanggar dan Anda over stay (tinggal lebih lama dari masa berlaku visa) karena keinginan untuk bekerja disana, maka kasus akan semakin rumit dan merugikan diri sendiri. Karena akan ada kecenderungan anda akan digaji rendah dikarenakan anda tidak memiliki perlindungan hukum, belum lagi harus kucing-kucingan dengan pihak berwajib.

Demikianlah penjelasan mengenai Fakta Mengenai Bekerja di Perkebunan Australia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Share:

Author: jordan smith