Cara Berkarir di Luar Negeri

Cara Berkarir di Luar Negeri

Cara Berkarir di Luar Negeri yang Bisa Anda Pelajari

Cara Berkarir di Luar Negeri – Pengalaman, gaji lebih besar, serta lingkungan kerja yang lebih baik merupakan sebagian alasan. Mengapa orang indonesia yang mencari peluang karir di luar negeri, terutama negara maju. Ada beberapa negara yang menjadi tujuan utama untuk kebanyakan orang indonesia yang mencari pekerjaan di luar negeri sebagai tenaga profesional. Oleh karenanya, pembahasan kali ini akan kami khusukan pada pekerja profesional di sektor industri bukan domestik.

Berikut hanyalah beberapa di antaranya serta sebagian alasan yang menjadi latar belakang bagi orang Indonesia untuk memilih negara-negara ini.

Daftar Negara yang Banyak Dipilih

  • Malaysia

Ketika merantau ke luar negeri, malaysia merupakan tujuan yang pas jika anda masih belum berani untuk menghadapi budaya yang jauh berbeda dengan indonesia. Selain Bahasa yang tidak jauh berbeda, Malaysia juga memiliki adat istiadat yang tidak jauh berbeda. Hal ini karena Malaysia dan Indonesia masih satu rumpun. Jadi lingkungan, bahkan makanannya, tidak jauh berbeda dengan yang biasa Anda temukan di Indonesia.

Orang indonesia yang bekerja di malaysia saat ini mencapai lebih dari 129 ribu jiwa. Ada yang bekerja sebagai profesional, dan ada juga yang bekerja di sektor domestik.

Untuk tenaga profesional di Malaysia, kisaran penghasilannya dimulai dari angka 3.000 ringgit (sekitar Rp 10 juta). Hal ini mengingat bahwa untuk mendapatkan izin masuk Malaysia sebagai pekerja (Employment Pass), minimal gaji haruslah 3.000 ringgit.

Namun perlu diingat, bahwa pekerja asing ini wajib membayar pajak sesuai ketentuan. Pajak akan dipotong langsung dari penghasilan. Oleh karenanya, sebaiknya tanyakan pada agensi atau kantor tempat Anda bekerja nantinya mengenai ketentuan pajak ini. Agar Anda bisa mempersiapkan diri, minimal pada enam bulan pertama, atau hingga Anda mapan dengan penghasilan yang ada.

  • Singapura

Sebagaimana malaysia, jaraknya yang dekat dengan indonesia menjadikan singapura pilihan negara yang cocok untuk bekerja. Itupun bagi yang beragama islam, tidak sulit mendapatkan makanan halal disini.

Jika Anda merupakan tenaga profesional pada bidang tertentu, terutama teknologi dan kreatif, maka Anda mungkin bisa mulai mencari kesempatan di Singapura untuk mengembangkan karir Anda. Apalagi, jika Anda suka dengan budaya kerja orang Singapura yang terkenal cepat.

Selain jarak dekat, makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia, Singapura juga menjanjikan penghasilan yang tinggi. Rata-rata penghasilan tahunan di sini adalah 236.258 dolar Singapura (atau sekitar Rp 2,4 miliar). Angka ini untuk pekerja tingkat manajer, dan belum termasuk potongan pajak.

Namun angka yang besar ini juga diikuti dengan biaya hidup yang mahal, serta potongan pajak penghasilan. Jadi, jika Anda mendapatkan kesempatan bekerja di Singapura, pastikan Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai biaya hidup dan regulasi pajak di sana.

Share:

Author: jordan smith